Selasa, 28 Februari 2017

Yamaha Fino 125

Harga Yamaha Fino 125 Blue Core, Review & Spesifikasi Maret 2017

Harga Yamaha Fino 125 Blue Core dan Spesifikasi – Mengawali tahun 2016, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikan penyegaran pada salah satu penghuni line-up di segmen matic. Lama tak terdengar versi barunya, akhirnya Yamaha Indonesia menghadirkan versi facelift dari Yamaha Mio Fino. Dengan menanggalkan label ‘Mio’ yang dulu sempat melekat. kini skuter matic bernuansa retro andalan Yamaha itu tampil bersama wajah baru. Sabtu (9/1) yang lalu, Yamaha Indonesia secara resmi merilis Yamaha Fino 125 Blue Core yang merupakan generasi baru dari Yamaha Fino. Tak hanya sekedar facelift, kini Yamaha juga turut meng-upgrade performa mesin dari skutik bergaya klasik ini. Yup, jika sebelumnya Yamaha Fino menggendong mesin 115 cc dan berteknologi YMJET-FI, maka untuk kali ini YIMM telah memperbarui mesin Fino dengan peningkatan kubikasi dan menggeser mesin YMJET-FI dengan teknologi terbaru. Maka, hadirlah Yamaha Fino 125 Blue Core yang benar-benar merupakan reinkarnasi dari Fino generasi lama. Tak hanya itu saja, skuter matik Fino 125 Blue Core ini juga bakal membawa banyak fitur baru yang lebih modern dari generasi sebelumnya. Bila dilihat dari silsilah keluarga Fino, maka Yamaha Fino 125 Blue Core ini merupakan generasi ketiga, setelah Fino generasi pertama dengan mesin karburator dan Fino generasi kedua dengan mesin YMJET-FI.
yamaha fino 125 blue core
Secara desain, Yamaha Fino 125 Blue Core masih membawa desain khas Fino Series yang terlihat klasik dan berkelas. Dengan tagline baru “Istimewakan Dirimu”, skutik retro ini masih fokus menyasar kaum feminim dari beragam background yang mewakili semua karakter style wanita, mulai dari Professional, Hijab, Edgy (tomboy), Girlie, Casual. Eits, tapi jangan salah! Secara desain motor ini juga dibangun cukup universal, sehingga masih cocok juga untuk dikendarai kaum maskulin. Beranjak ke bagian mesinnya, seperti yang sudah Mas Sena singgung diatas, sebagai versi baru Yamaha Fino 125 Blue Core juga turut mengalami pembaruan di sektor dapur pacunya. Dimana pada bagian performanya, Fino 125 Blue Core Core kali ini dipersenjatai dengan mesin 125 cc berteknologi Blue Core, Air cooled, 4-stroke, SOHC satu silinder berteknologi injeksi. Kehadiran teknologi Blue Core jelas bakal membawa perubahan signifikan pada performa Yamaha Fino 125 Blue Core menjadi lebih irit, halus, dan nyaman. Belum lagi, YIMM juga turut membenamkan fitur-fitur baru seperti Advance Key Sistem dengan Answer Back dan Auto Open Kay Shutter yang semakin meningkatkan value dari motor baru Yamaha ini. Nah, untuk informasi lengkap mengenai spesifikasi dan harga Yamaha Fino 125 Blue Core ini, Mas Sena sudah menyiapkan  review lengkapnya pada segmen-segmen di bawah ini.
yamaha fino

Review Yamaha Fino 125 Blue Core

Desain

Desain Retro Elegan dengan Body Lebih Ramping
Pada segmen pertama kali ini Mas Sena akan mengajak Bro dan Sis untuk mengulas spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core di bagian tampilannya. Secara kasat mata, saat kita meihat desain tampilan yang ditawarkan Fino 125 Blue Core, seri ini masih mengusung garis desain khas Fino Series yang sudah banyak dikenal masyarakat. Untuk desainnya, Yamaha Fino 125 Blue Core membawa konsep desain ‘Stylish’ dan ‘Beautiful’. Hal itu bisa dilihat pada lekukan body bertema ‘S’ atau S-Shape. Lantas pada desain body juga dirancang ramping dengan sentuhan elegan. Menarik saat menengok headlamp atau lampu depan Yamaha Fino 125 Blue Core, sebab pada lampu depannya meski belum mengusung teknologi LED namun memiliki desain Diamond Cut Lens, yang terlihat mewah layaknya kilauan berlian. Kemudian untuk lampu samping, masih membawa desain yang sama dengan pendahulunya berbentuk daun dengan lampu sein yang lebih vertical dan menyempit. Kesan retro modern pada Yamaha Fino 125 Blue Core juga semakin kentara dengan model spion bulat beraksen krom. Sementara pada bagian stoplamp, rear grip, dan rear fender nyaris tak ada perbedaan dari generasi Fino sebelumnya, dengan stoplamp merah delima yang kian menambah kecantikan dari skutik klasik ini. Desain knalpotnya juga tak ada perubahan. Hanya saja pada box CVT milik Fino 125 Blue Core didesain lebih rapat jika sebelumnya menganut model jaring. So, melihat garis besar desain yang ditawarkan oleh spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core ini memang terlihat jika motor ini menawarkan nilai fashion yang lebih kepada penggunanya. Hal itu bisa dibuktikan dengan desain bodynya yang cukup cantik dan berkelas.
spesifikasi yamaha fino 125 blue core

Speedometer

Panel Speedometer User Friendly dengan Nuansa Klasik yang Lebih Kental
Selanjutnya, kita akan mengulas desain speedometer dari spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core ini. Nah pada bagian panel speedometernya sendiri, tidak ada yang berubah dibandingkan dengan speedometer Fino sebelumnya secara desain. Untuk generasi Fino 125 Blue Core ini tetap mengusung panel speedometer model bulat dengan bingkai warna cerah. Setiap instrumen pada dashboard Yamaha Fino 125 Blue Core juga dirancang dengan model atraktif dan tetap fashionable. Untuk penempatan indikator juga tertata rapi dan pastinya tetap informatif dengan tambahan panel secara terpisah di sisi kiri sebagai panel indikator bahan bakar bensin. Ada sedikit perbedaan, pada Yamaha Fino 125 Blue Core kita akan menjumpai panel indikator Eco Riding yang bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien. Jadi kesimpulannya, untuk konsol speedometer pada Fino 125 Blue Core sebenarnya masih mengusung konsep desain yang sama, namun karena kali ini Yamaha berhasil memberikan permainan detail dan perubahan wana menjadi lebih atraktif. Alhasil speedometer yang menjadi bagian dari spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core terlihat lebih bergaya dan sekilas sedikit berbeda namun tetap user friendly.

Dimensi

Dimensi Kompak Cocok untuk Kendaraan Harian di Area Perkotaan
Hadir sebagai motor bersegmen matic, pastinya spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core juga memiliki tingkat mobilitas yang baik sebagai kendaraan harian. Hal itu terbukti tatkala kita melihat dimensi yang ditawarkan Yamaha untuk skutik anyarnya ini. Yup, untuk dimensinya sendiri menurut Mas Sena, Yamaha Fino 125 Blue Core memiliki desain kompak dan cukup nyaman dikendarai oleh bikers dengan postur tubuh orang Indonesia. Hal ini bisa dilihat secara dimensional, dimana Fino 125 Blue Core memiliki ukuran 1.870 x 700 x 1.066 mm (P x L x T). Bobotnya juga sangat ringan yakni 98 kg saja. Berkat dimensinya yang cukup kompak tersebut, membuat Yamaha Fino 125 Blue Core bisa diandalkan sebagai kendaraan sehari-hari. Motor ini juga siap menawarkan riding position yang nyaman saat dilajukan di aspal perkotaan. Sebagai catatan, untuk ground clearance yang dimilikinya cukup pendek atau sekitar 135 mm saja, sehingga secara habitat Fino 125 Blue Core lebih cocok digunakan untuk bermanuver di jalanan aspal perkotaan. Namun yang jelas, untuk handling yang dihadirkan pada spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core ini cukup nyaman dan sangat asyik untuk diajak ‘stop and go’ dalam kondisi kemacetan.
spesifikasi yamaha fino

Suspensi

Suspensi Berkualitas Siap Berikan Kenyamanan Saat Perjalanan
Memiliki body ramping, spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core tentu mudah dikendalikan. Lantas guna menambah stabilitas berkendara penggunanya, motor ini juga telah disematkan dengan dukungan suspensi berkualitas khas matic Yamaha. Untuk bagian suspensinya, Fino 125 Blue Core membawa supensi jenis teleskopik untuk bagian depan depan serta suspensi dengan sistem lengan ayun untuk bagian belakang. Alhasil dengan hadirnya dua suspensi tersebut, Yamaha Fino 125 Blue Core ini terasa nyaman digunakan untuk berboncengan ataupun single riding. Dengan kerangka berjenis tulang punggung, motor ini dijamin kokoh dalam menahan beban sekaligus stabil di jalanan. Bergerak pada bagian kaki-kaki dari Yamaha Fino 125 Blue Core ini masih menggunakan piranti yang sama dengan pendahulunya, yaitu ban depan berukuran 70/90-14M/C 34P dan ban belakang berukuran 80/90-14M/C 46P yang semuanya membalut velg palang atau cast wheel. Untuk sistem pengereman, spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core pun juga sudah didukung dengan rem cakram pada bagian depan, serta rem tromol pada bagian belakang, yang sudah cukup mumpuni dalam mengontrol laju kendaraan.

Mesin

Mesin Baru 125cc Blue Core untuk Performa Lebih Bertenaga dan Irit Bahan Bakar
Jika ditilik secara garis besar, spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core pada bagian mesin ini memiliki diferensiasi yang paling mencolok dengan generasi sebelumnya. Dimana untuk sektor yang satu ini, generasi Fino 125 Blue Core benar-benar membawa perubahan yang cukup besar. Menggusur mesin lawasnya yang berkubikasi 115 cc dan masih berteknologi YMJET-FI, kali ini untuk Yamaha Fino 125 Blue Core dipersenjatai dengan mesin injeksi dengan kapasitas mesin 125 cc dan sudah berteknologi Blue Core. Mesin berpendingin uadara itu merupakan mesin model 4-stroke, SOHC, silinder tunggal yang mampu memuntahkan ouput power maksimal sebesar 7.0 kW (9.52 PS) pada 8000 rpm dan torsi puncak hingga 9.6 N.m (0,98 kgf.m) pada 5500 rpm. Dengan disematkannya mesin Blue Core yang mulai menjadi andalan Yamaha ini, generasi Yamaha Fino 125 Blue Core ini dijamin bakal lebih irit dalam hal konsumsi bahan bakar, bahkan sampai 50 persen. Meski memiliki konsumsi bahan bakar yang tergolong irit, namun mesin pada Fino 125 Blue Core ini tetap mampu menghasilkan performa maksimal karena didukung kinerja mesin yang rendah gesekan sehingga bisa mengurangi kehilangan tenaga berlebih. Selain itu, lewat teknologi Blue Core, suhu mesin pada Yamaha Fino 125 Blue Core juga lebih stabil dibanding generasi sebelumnya. Meskipun memiliki kapasitas tangki hanya 4,2 liter, namun hal ini tak akan menjadi masalah mengingat Yamaha menjamin bahwa spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core di bagian mesin memiliki tingkat efisiensi bahan bakar cukup tinggi.
yamaha fino 125

Fitur

Hadir dengan Fitur Kenyamanan dan Keamanan Lebih Lengkap
Sebagai produk baru, spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core pastinya wajib dibekali dengan banyak fitur penunjang agar tidak ketinggalan jaman. Untuk fitur yang satu ini, ternyata Fino 125 Blue Core sudah tampil lebih baik dibandingkan sebelumnya. Mulai dari desain bagasi atau U-Box yang ditempatkan di bagian deck depan yang sedikit berbeda. Pada bagasi utamanya sendiri, Yamaha Fino 125 Blue Core kali ini mengusung Megabox hingga kapasitas 8 liter untuk menyimpan banyak barang bawaan Bro dan Sis semua.  Kemudian untuk fitur selanjutnya, ada Advance Key System dengan kunci kontak berpengaman magnet canggih lengkap fitur Answer Back sama seperti Honda Vario, yang berfungsi untuk memudahkan pengendara ketika mencari motor di tempat parkir. Cara kerja fitur Yamaha Fino 125 Blue Core ini adalah, saat tombol pada remote ditekan, Mio Fino akan mengirimkan sinyal berupa lampu dan suara beep. Selain itu, generasi baru Yamaha Fino ini juga dibekali lampu dibagian tengah agar pengguna bisa tetap melihat kunci walaupun dalam keadaan gelap. Terakhir adapula fitur Auto Open Key Shutter yang melengkapi spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core, dimana fitur ini berguna untuk membuka dan memasukkan kunci jadi mudah, cepat dan praktis.

Spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core

Mesin
Tipe 4-langkah, SOHC, Single cylinder, pendinginan udara, Blue Core Technology
Kapasitas 125 cc
Diameter 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi 9,5:1
Daya Maksimum 7.0 kW (9.52 PS) / 8000rpm
Torsi Maksimum 9.6 N.m (0,98 kgf.m) / 5500rpm
Kapasitas Oli Mesin Total = 0,84 L ; Berkala = 0,80 L
Tipe Kopling Otomatis, Sentrifugal, Kering
Transmisi Otomatis, V-Matic
Tipe Starter ACG Starter, pedal elektrik
Dimensi
Panjang x lebar x tinggi 187 x 700 x 1066 mm
Jarak Sumbu Roda 1.260 mm
Jarak Bersih ke Tanah 135 mm
Berat Kosong 98 kg
Kapasitas Tangki BBM 4,2 L
Rangka
Tipe Underbone
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal
Ban Depan 70/90-14M/C 34P
Ban Belakang 80/90-14M/C 40P
Rem Depan Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
Rem Belakang Tromol
Kelistrikan
Tipe Baterai YUASA/YTZ4V
Busi NGK/CR6HSA
Pengapian TCI

Harga Yamaha Fino 125 Blue Core

Setelah kita puas mengulas detail spesifikasinya, sekarang saatnya kita menuju pada segmen selanjutnya, yaitu soal kisaran harga Yamaha Fino 125 Blue Core ini. Hadir di awal tahun 2016, Fino 125 Blue Core memang menjadi kejutan pertama dari YIMM untuk konsumen Indonesia. Kedatangannya sendiri juga diikuti dengan banyak perubahan dibandingkan generasi lawasnya. Sebut saja pada bagian performanya, dimana Yamaha Fino 125 Blue Core Core kali ini sudah mengusung mesin baru berkapasitas 125cc dan sudah berteknologi Blue Core, Air cooled, 4-stroke, SOHC satu silinder Fuel Injection. Kehadiran teknologi Blue Core jelas bakal membawa perubahan signifikan pada performa Fino 125 Blue Core menjadi lebih irit, halus, dan nyaman. Kemudian, kisaran harga Yamaha Fino 125 Blue Core di pasaran pun juga akan dipengaruhi oleh semakin lengkapnya fitur-fitur tambahan. Misalnya, fitur Advance Key Sistem dengan Answer Back dan Auto Open Kay Shutter, yang kehadirannya memberikan nilai lebih untuk pasaran. Terakhir secara desain, Fino 125 Blue Core masih membawa platform desain yang sama dengan generasi Fino sebelumnya, hanya saja pada beberapa piranti mengalami sedikit sentuhan perbaikan menjadi lebih modern. Nah, dengan tampilan baru yang lebih keren ini, kira-kira harga Yamaha Fino 125 Blue Core berapa ya?
harga yamaha fino 125 blue core
harga yamaha fino
Membawa cukup banyak perubahan menjadi lebih modern, maka sangat wajar jika akhirnya harga Yamaha Fino 125 Blue Core bakal dibanderol dengan nominal yang lebih mahal. Untuk pasar Indonesia sendiri, generasi Fino 125 Blue Core bakal dibedakan menjadi dua varian yaitu New Fino 125 Blue Core Premium (Elegant) dan New Fino 125 Blue Core Sporty. Nah untuk harga Yamaha Fino 125 Blue Core sendiri, meskipun membawa nama yang berbeda namun urusan harga tetap sama, yaitu dibanderol dengan harga Rp 16.250.000 On The Road wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Untuk corak warna, Bro dan Sisi bisa memilih enam warna yang tersaji, yaitu tipe Elegant Stylish yang menawarkan warna White Cappuccino (putih), Red Berry Latte (merah), Black Espresso (hitam). Sedangkan tipe Yamaha Fino 125 Blue Core Sporty Stylish menawarkan Sportif Noir (hitam), Esprit Blue (biru), Actif Rouge (merah). Dari semua warna yang bisa dipilih, semuanya siap menebarkan pesona skutik retro yang elegan dan stylish. Dengan banyaknya pilihan corak warna, serta didukung harga Yamaha Fino 125 Blue Core yang kompetitif, skutik keren ini memang sangat cocok bagi Bro dan Sis yang berjiwa muda dan penuh gaya.
Harga Yamaha Fino 125 Blue Core
Rp 16.250.000,- (OTR DKI Jakarta)
Daftar Harga Motor Yamaha
Catatan :
  • Harga motor Yamaha Fino 125 Blue Core diatas merupakan harga OTR DKI Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Yamaha Fino 125 Blue Core
Harga Yamaha Fino 125 Blue Core yang Mas Sena sampaikan di atas sekali lagi adalah harga untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, sehingga kemungkinan harga di tempat domisili Bro dan Sis bisa saja berbeda dengan menimbang biaya distribusi. Bicara soal strategi pemasaran Fino 125 Blue Core, sebenarnya langkah Yamaha merilis varian bari skutik retro ini cukup strategis, apalagi menggendong mesin baru dan penambahan fitur. Satu hal yang jelas, dengan Yamaha Fino 125 Blue Core ini, Yamaha siap mengganggu dominasi Honda Scoopy yang saat ini terus bertengger di tangga teratas segmen matic bernuansa klasik terlaris Tanah Air. Apalagi secara kubikasi mesin, Fino 125 Blue Core masih di atas Honda Scoopy. Begitupun soal harga. Jika kita bandingkan untuk harga Yamaha Fino 125 Blue Core juga lebih kompetitif. Namun yang jelas, antara kedua motor ini memiliki penggemarnya sendiri-sendiri. Kedatangan Fino 125 Blue Core juga berhasil menyajikan nuansa baru di kancah pasar motor matic awal tahun 2016 ini. Kesimpulannya, ada tiga alasan mengapa skutik retro elegan terbaru dari Yamaha ini wajih kamu miliki: satu karena desainnya yang keren abis, dua karena mesinnya berteknologi canggih Blue Core, dan ketiga pastinya adalah harga Yamaha Fino 125 Blue Core yang sangat kompetitif! Sekian dulu review Mas Sena pada kesempatan kali ini. Jangan lupa baca juga mengenai Yamaha Soul GT 125 Blue Core dan Honda Scoopy eSP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar