Harga Honda Vario 110 eSP, Review & Spesifikasi Februari 2017
Secara spesifikasi, Honda Vario 110 eSP memiliki spesifikasi yang cenderung sama dengan Honda Vario 110 FI yang sudah meluncur terlebih dahulu di pasaran. Namun kali ini Vario 110 eSP hadir dengan striping yang lebih dinamis dan beberapa fitur tambahan, seperti eSP, Answer Back System, dan juga Idling Stop System. Fitur-fitur baru ini tentunya akan membuat Honda Vario 110 eSP menjadi lebih asyik untuk dikendarai. Selain itu, Honda pun membekali Vario 110 eSP dengan desain fisik elegan sama seperti saudara-saudaranya, yakni Vario 125 dan Vario 150. Berbeda dengan dua saudara kandungnya tersebut, kali ini Honda Vario 110 eSP hadir pada kelas skuter matik 110 cc. Jika dilihat dari kapasitas mesinnya, Vario 110 eSP ini memang akan menempati segmen yang sama dengan Honda Beat dan juga Honda Scoopy. Namun meski begitu, PT AHM memplot Honda Vario 110 eSP di atas Honda Beat dan Scoopy. Jika Beat ditujukan untuk kaum muda dan Scoopy untuk pecinta nuansa retro, maka kali ini Honda Vario 110 eSP dihadirkan untuk kaum urban perkotaan yang aktif dan dinamis. Namun Vario 110 eSP sendiri juga diklaim cocok untuk daerah-daerah pelosok karene memiliki bodi besar dan kompak. Nah untuk mengetahui lebih jelas mengenai perbedaannya dengan Honda Beat dan varian Honda Vario lainnya, berikut ini adalah ulasan lengkap Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Honda Vario 110 eSP dari bagian eksterior serta interiornya. Simak ya!
Bagan Review
Review Honda Vario 110 eSP
Desain
Nuansa Baru dengan Dual Keen Eyes LED dan Striping Lebih EleganBaiklah. Pembahasan spesifikasi Honda Vario 110 eSP kali ini akan Mas Sena mulai dari desain fisiknya. Kali ini, AHM masih mempertahankan desain lawas Honda Vario 110 FI. Hal ini dapat dimaklumi karena desain Honda Vario 110 FI masih cukup eye catching untuk disematkan pada Vario 110 eSP. Namun, ada perbedaan utama yang cukup mencolok pada Honda Vario 110 eSP ini. hal itu adalah striping baru yang lebih fresh dengan grafis permainan warna lebih minimalis namun tetap terlihat elegan. Lalu, pada bagian headlamp tetap berteknologi lampu LED yang akan menawarkan penerangan lebih maksimal ketika berkendara pada malam hari. Selannjutnya pada bagian bodykit, Honda Vario 110 eSP kali ini masih mengusung konsep Vario lawas dengan lekukan body yang tajam. Untuk body belakang Vario 110 eSP, Honda mendesainnya dengan bentuk lampu lancip pada bagian stoplamp. Selain itu, Vario 110 eSP pun juga sudah dilengkapi dengan folded hook yang bisa digunakan untuk membawa barang belanjaan pengendara. Uniknya folded hook pada Honda Vario 110 eSP ini dapat dilipat saat tidak digunakan. Kemudian untuk menyimpan barang-barang bawaan yang kecil, Honda Vario 110 eSP juga sudah dilengkapi dengan double inner rack yang memungkinkan pengendara untuk menyimpan barang bawaan, seperti gadget, air mineral, atau lainnya di bagian depan motor secara lebih praktis. Secara keseluruhan visualisasi dari Honda Vario 110 eSP ini memang tampak lebih cantik dan elegan daripada varian terdahulu. Selain itu, Vario 110 eSP ini juga dilengkapi dengan kelir monotone atau satu warna untuk varian tertinggi. So, spesifikasi Honda Vario eSP pada bagian eksteriornya kali ini memang lebih atraktif dan elegan.
Speedometer
Panel Speedometer Analog Lebih AtraktifSelanjutnya, Mas Sena akan membahas spesifikasi Honda Vario 110 eSP pada bagian panel dashboardnya. Pada bagian ini, Honda pun masih mempertahankan desain dashboard Vario 110 versi lama, namun tetap dengan sentuhan yang lebih modern. Untuk bagain speedometer di Honda Vario 110 eSP ini sudah dilengkapi dengan dua cluster yang ditempatkan pada bagian atas dan bawah. Pada bagian atas speedometer dibuat dalam frame bulat berbentuk jarum analog. Desain yang terlihat pada speedometer Honda Vario 110 eSP ini dibuat dengan konsep minimalis, namun tetap enak dipandang dan informatif. Untuk fuel meter, terdapat pada cluster kecil yang ditempatkan dibawah cluster utama dengan bentuk kotak. Tak lupa, untuk mempermanis desain panel dashboard pada Honda Vario 110 eSP ini ditutup dengan penggunaan cover speedometer beraksen silver. Jadi, pada bagian speedometer Vario 110 eSP meskipun memiliki desain minimalis namun sudah dijejali dengan lampu speedo yang cukup terang. Jadi, selain atraktif, speedometer pada spesifikasi Honda Vario eSP ini juga sangat fungsional dan pastinya user friendly.
Dimensi
Dimensi Ramping Siap Diajak untuk Berkendara di Area PerkotaanSecara dimensi fisik, spesifikasi Honda Vario 110 eSP memiliki dimensi paling kecil jika dibandingkan dengan Honda Vario 125 dan Honda Vario 150. Hal itu dapat kita lihat dari dimensi yang dimiliki oleh Honda Vario 110 eSP ini. Pada bagian dimensinya, Vario 110 eSP memiliki dimensi berukuran 1,888 x 679 x 1,091 mm dengan bobot kosong seberat 96 kg. Dengan dimensi yang dimiliki oleh Honda Vario 110 eSP, motor ini sangat cocok untuk berkendara harian di daerah perkotaan atau jalan raya yang memiliki intensitas kemacetan yang cukup tinggi. Sementara itu, ground clearance atau jarak tertinggi dengan tanah yang dimiliki oleh Honda Vario 110 eSP ini adalah setinggi 140 mm. Ukuran tersebut terhitung cukup pas, tak terlalu tinggi namun juga tak terlalu rendah. Dengan kata lain, ground clearance Honda Vario 110 eSP sangat pas untuk digunakan pengendara yang memiliki postur tubuh yang tak begitu tinggi. Selanjutnya, spesifikasi Honda Vario eSP ini jugad dibekali dengan kapasitas bagasi yang lebih luas, mencapai 13 liter. Hal ini tentunya sangat bermanfaat saat Bro tau Sis ingin membawa banyak bawaan dengan motor ini.
Suspensi
Nyaman dengan Suspensi Khas Sepeda Motor Matic HondaMeskipun memiliki body yang ramping, namun spesifikasi Honda Vario 110 eSP ini juga dibekali dengan kaki-kaki yang sangat nyaman untuk digunakan berboncengan. Dengan ground clearance yang tak begitu rendah, Vario 110 eSP bisa digunakan sebagai kendaraan untuk mobilitas yang tinggi. Honda Vario 110 eSP pun juga sudah dibekali dengan suspensi standar khas motor matik Honda, yaitu suspensi teleskopik untuk bagian depan depan serta suspensi dengan sistem lengan ayun untuk bagian belakang. Sama seperti varian motor matik Honda lainnya, Honda Vario 110 eSP ini juga sangat nyaman digunakan untuk berboncengan ataupun single riding. Dengan kerangka berjenis tulang punggung, motor ini tetap akan stabil digunakan di jalan raya yang memiliki traffic padat atau jalanan bergelombang sekalipun. Kemudian pada bagian kaki-kaki dari Honda Vario 110 eSP ini masih menggunakan piranti yang sama dengan pendahulunya, yaitu ban depan berukuran 80/90–14 M/C 40P (tubeless) dan ban belakang berukuran 90/90–14 M/C 46P (tubeless). Untuk sistem pengereman Honda Vario 110 eSP pun juga sudah didukung dengan rem cakram hidrolik pada bagian depan, serta rem tromol pada bagian belakang. Selain itu, spesifikasi Honda Vario eSP pun juga sudah didukung dengan sistem pengereman Combi Brake System atau CBS yang akan memudahkan kontrol kendaraan saat direm sehingga lebih aman.
Mesin
Mesin CVT 110 SOHC Berteknologi eSP yang Ramah LingkunganSetelah puas mengulas spesifikasi Honda Vario 110 eSP pada bagian luar, sekarang saatnya Mas Sena mengulas bagian mesinnya. Untuk bagian mesin, meskipun secara kubikasi masih sama dengan Vario 110 FI sebelumnya, namun Honda Vario 110 eSP kali ini sudah dibekali dengan teknologi eSP. Selain itu, mesin yang terdapat pada Vario 110 eSP ini juga sudah lolos uji emisi EURO 3 sehingga motor ini sangat ramah lingkungan. Pada sektor mesinnya, Honda Vario 110 eSP dibekali dengan mesin CVT 4 langkah SOHC berpendingin udara yang memiliki kapasitas 108,2 cc. Untuk menggerakkan mesin tersebut, Honda menggunakan transmisi otomatis. Mesin yang terdapat pada Honda Vario 110 eSP ini sanggup memuntahkan daya maksimum mencapai 8,7 PS pada putaran 7.500 rpm dan untuk torsi maksimumnya adalah 0,93 kgf.m pada pada putaran 6.000 rpm. Meskipun memiliki kubikasi mesin yang kecil, namun spesifikasi Honda Vario eSP di bagian jantung dapur pacu tersebut sudah cukup bertenaga saat diajak bermanuver di jalanan. Selain bertenaga, tentunya konsumsi Vario 110 eSP pun juga sangat irit karena sudah menggunakan sistem suplai bahan bakar Fuel Injection.
Fitur
Didukung Fitur Lengkap untuk Memberikan Kenyamanan dan Keamanan BerkendaraPada segmen spesifikasi Honda Vario 110 eSP bagian terakhir ini, kita akan menengok apa saja fitur tambahan yang ada pada motor ini. Sama seperti Vario series sebelumnya, Vario 110 eSP ini pun juga telah dibekali dengan beragam fitur canggih baik untuk unsur kenyamanan maupun keamanan. Salah satu fitur fungsional yang ada pad Honda Vario 110 eSP ini adalah penggunaan ban tubeless untuk bagian depan dan belakang. Selain itu ada juga fitur Dual Keen Eyes LED headlights yang akan memberikan penerangan lebih berkualitas serta tahan lama dan tentunya bebas perawatan. Kemudian, Honda Vario 110 eSP juga dibekali dengan fitur Answer Back System yang berguna untuk memudahkan pengendara ketika mencari motor di tempat parkir. Selanjutnya ada fitur Combi Brake System (CBS) yang berfungsi untuk memberikan keseimbangan pengereman roda belakang dan depan serta membuatnya lebih praktis serta nyaman di semua kondisi. Fitur canggih pada Honda Vario 110 eSP berikutnya adalah Side Stand Switch, yaitu fitur mesin tidak dapat dinyalakan apabila standar samping dalam posisi turun sehingga akan meminimalisasi resiko kecelakaan karena lupa mengangkat standar samping. Fitur ini merupakan fitur khas motor matik Honda. Tak lupa, Honda Vario 110 eSP pun juga dilengkapi dengan fitur Parking Brake Lock yang bisa mencegah motor loncat ketika dinyalakan atau agar motor tetap dalam kondisi diam saat berhenti di tanjakan. Adapula fitur Magnetic Key Shutter atau pengaman kunci bermagnet yang efektif berfungsi mencegah pencurian. Kunci pada Honda Vario 110 eSP ini juga terintegrasi dengan tombol pembuka bagasi. Terakhir, fitur canggih pada Vario 110 eSP adalah Idling Stop System (ISS) di mana sistem ini akan mematikan mesin secara otomatis ketika motor dalam keadaan berhenti di lampu merah. Dengan adanya fitur ISS yang melengkapi spesifikasi Honda Vario eSP ini, maka konsumsi BBM pun akan lebih hemat.
Spesifikasi Honda Vario 110 eSP | ||
Tipe | Honda Vario 110 eSP CBS | Honda Vario 110 eSP CBS ISS |
Dimensi | ||
Panjang X Lebar X Tinggi | 1.888 x 679 x 1.091 mm | 1.888 x 679 x 1.091 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1.256 mm | 1.256 mm |
Jarak Terendah ke Tanah | 140 mm | 140 mm |
Berat Kosong | 96 Kg | 96 Kg |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | 3,7 liter | 3,7 liter |
Rangka | ||
Tipe Rangka | Tulang punggung | Tulang punggung |
Tipe Suspensi Depan | Teleskopik | Teleskopik |
Tipe Suspensi Belakang | Lengan ayun dengan suspensi tunggal | Lengan ayun dengan suspensi tunggal |
Ukuran Ban Depan | 80/90 – 14 M/C 40P (tubeless) | 80/90 – 14 M/C 40P (tubeless) |
Ukuran Ban Belakang | 90/90 – 14 M/C 46P (tubeless) | 90/90 – 14 M/C 46P (tubeless) |
Rem Depan | Cakram hidrolik dengan piston tunggal | Cakram hidrolik dengan piston tunggal |
Rem Belakang | Tromol | Tromol |
Mesin | ||
Tipe Mesin | 4 Langkah OHC, pendinginan udara, eSP | 4 Langkah OHC, pendinginan udara, eSP |
Kelas | 110 | 110 |
Volume Langkah | 108,2 mm | 108,2 mm |
Diameter X Langkah | 50 x 55,1 mm | 50 x 55,1 mm |
Perbandingan Kompresi | 9,5 : 1 | 9,5 : 1 |
Daya Maksimum | 6.4 kW (8,7 PS / 7.500 rpm) | 6.4 kW (8,7 PS / 7.500 rpm) |
Torsi Maksimum | 0.93 kgf.m / 6.000 rpm | 0.93 kgf.m / 6.000 rpm |
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin | 0,7 liter pada penggantian periodik | 0,7 liter pada penggantian periodik |
Tipe Kopling | Otomatis, sentrifugal, tipe kering | Otomatis, sentrifugal, tipe kering |
Tipe Transmsi | Otomatis, V-Matic | Otomatis, V-Matic |
Pola Pengoperan Gigi | – | – |
Tipe Starter | Pedal dan elektrik | Pedal dan elektrik |
Kelistrikan | ||
Tipe Baterai | MF battery, 12 V – 3 Ah | MF battery, 12 V – 5 Ah |
Busi | NGK MR9C-9N / Denso U27EPR-N9 | NGK MR9C-9N / Denso U27EPR-N9 |
Pengapian | Full Transisterized, Baterai | Full Transisterized, Baterai |
Harga Honda Vario 110 eSP
Tak terasa, kita pun sampai pada segmen harga Honda Vario 110 eSP setelah puas membahas spesifikasinya. Secara kasat mata, sepertinya memang tak ada yang berubah dari Vario 110 eSP jika dibandingkan dengan versi lawasnya. Namun jika kita menilik lebih detail, terdapat beberapa perbedaan signifikan antara Honda Vario 110 eSP dengan Honda Vario 110 FI, terutama di bagian dapur pacu. Pada bagian mesin, dapur pacu Vario 110 eSP ini memang hampir sama dengan Honda Vario 110 FI di mana Vario 110 eSP tetap memakai mesin berkubikasi 110 cc SOHC berpendingin udara. Hal ini pula lah yang membuat harga Honda Vario eSP tak berselisih jauh dengan harga Honda Vario 110 FI. Namun meski begitu, untuk model Vario 110 eSP kali ini sudah dilengkapi dengan teknologi eSP. Selain itu, ada juga beberapa fitur tambahan yang akhirnya berpengaruh pada harga Honda Vario 110 eSP ini. Seperti misalnya adalah fitur ABS atau Fast Track serta mesinnya yang sudah lulus uji emisi EURO 3.Berdasarkan informasi dari situs resmi PT Astra Honda Motor, banderol harga Honda Vario 110 eSP ini adalah sekitar Rp 15,9 jutaan untuk tipe CBS. Harga tersebut memang tak berbeda jauh jika dibandingkan dengan banderol harga Honda Vario 110 FI. Sedangkan untuk harga Honda Vario eSP CBS ISS adalah sekitar Rp 16,7 jutaan. Hal yang membedakan harga Vario 110 eSP CBS ISS adalah adanya fitur Idling Stop System. Meski selisih harga kedua tipe Honda Vario 110 eSP ini cukup jauh, namun secara garis besar teknologi pada kedua unit tersebut masih sama, hanya dibedakan oleh fitur ISS saja. Jika melihat banderol harganya, kedua tipe Vario 110 eSP tersebut memang sangat pas untuk pasar otomotif Indonesia saat ini. Selain itu, banderol harga Honda Vario 110 eSP ini pun juga sangat kompetitif jika dibandingkan dengan harga produk dari pabrikan lain.
Harga Honda Vario eSP
| |
Tipe | Harga |
Honda Vario 110 eSP CBS | Rp 15.950.000,- |
Honda Vario 110 eSP CBS ISS | Rp 16.750.000,- |
by:bursa motor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar