Senin, 27 Februari 2017

Kawasaki KLX 150

Harga Kawasaki KLX 150, Review & Spesifikasi Februari 2017

Harga KLX 150 dan Spesifikasi – Menjelang pertengahan tahun, Kawasaki semakin gencar merilis produk-produk baru yang meramaikan pasar otomotif Indonesia. Setelah secara ‘diam-diam’ merilis Kawasaki Athlete Pro, kini pabrikan asal Jepang yang identik dengan warna hijau itu kembali mengenalkan unit sepeda motor yang selama ini dikenal sebagai ‘raja’ motor adventure kelas 150 cc di Tanah Air, yaitu KLX. Yup! Kali ini PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengenalkan All New Kawasaki KLX 150 yang merupakan versi facelift dari Kawasaki KLX generasi lama. Tampil dengan ubahan desain yang lebih segar, Kawasaki KLX 150 versi 2015 semakin terlihat gagah dan agresif. Rilis resmi All New Kawasaki KLX 150 sendiri dilakukan oleh PT KMI pada Rabu (27/5) kemarin.
kawasaki klx 150
Sama seperti generasi lamanya, Kawasaki KLX 150 2015 ini pun masih didatangkan secara utuh (CBU) dari Jepang. Hal inilah yang menyebabkan kisaran harga All New Kawasaki KLX 150 terhitung cukup mahal. Masih membawa mesin SOHC 2 katup berkubikasi 150 cc, unit baru motor trail Kawasaki ini menawarkan beberapa pembaruan yang membuat penampilannya semakin gahar. Salah satu pembaruan yang diusung Kawasaki KLX 150 adalah bentuk headlamp baru yang terlihat lebih stylish. Selain bentuk lampu depan yang baru, motor baru racikan Kawasaki ini juga memiliki bentuk muffler (knalpot) baru yang semakin menguatkan kesan adventure-nya. Nah, buat Brosis pecinta petualang sejati, Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Kawasaki KLX 150 pada segmen-segmen di bawah ini. Simak ya!
motor kawasaki klx 150

Review Kawasaki KLX 150

Desain

Desain Baru dengan Unit Headlamp yang Lebih Stylish
Pembahasan spesifikasi KLX 150 kali ini akan kita awali dengan mengupas si motor trail ini dari sisi desainnya. Seperti yang sudah Mas Sena sempat singgung di awal tadi, motor baru buatan Kawasaki ini memang mengusung desain baru yang membuatnya terlihat semakin gahar. Desain baru Kawasaki KLX 150 dapat kita lihat dari bentuk headlamp yang lebih sipit dari versi lamanya. Dengan headlamp lebih kecil dan visor sedkit lebih lebar, ‘muka’ Kawasaki KLX 150 ini memang terlihat lebih stylish untuk ukuran sepeda motor tipe off-road. Perubahan baru yang dilakukan Kawasaki juga nampak pada bagian shroud-nya yang terlihat lebih runcing. Dengan beberapa perubahan pada bodinya, Kawasaki KLX 150 versi 2015 ini benar-benar nampak semakin agresif. Bergerak ke bagian belakang, Kawasaki juga mengubah tampilan tail dan juga lampu sein motor barunya ini. Bentuk tail dan spatboard New KLX 150 ini lebih sederhana jika dibandingkan dengan ‘buntut’ KLX generasi lama. Terakhir, ubahan pada spesifikasi Kawasaki KLX 150 di bagian desain juga nampak jelas terlihat dari penggunaan muffler baru yang membuat tampilan motor ini benar-benar gahar khas motorcross.

Speedometer

Speedometer Minimalis Khas Motor Adventure
Kemudian, sekarang kita akan membahas spesifikasi KLX 150 pada bagian panel dashboard-nya. Pada bagian yang berfumgsi untuk mengetahui kondisi motor ini, Kawasaki tetap mempertahankan bentuk speedometer Kawasaki KLX 150 yang sederhana namun tetap fungsional. Pada unit speedometer tersebut, terdapat beberapa panel indikator seperti indikator kecepatan, indikator lampu, dan juga indikator penunjuk jarak tempuh. Meski berbentuk hampir sama dengan KLX generasi lawas, namun bentuk speedometer Kawasaki KLX 150 2015 ini sedikit lebih sempit dari versi lamanya. Namun hal itu tak mempengaruhi fungsi utamanya. Oh ya, kali ini spesifikasi Kawasaki KLX 150 di bagian panel dashboard ada tambahan berupa indikator penunjuk BBM. Hal ini pastinya sangat berguna saat mengajak KLX bertualang karena pada versi sebelumnya Kawasaki tak meyematkan panel indikator BBM pada KLX 150.
spesifikasi kawasaki klx 150

Dimensi

Dimensi Mangadaptasi KLX Versi Lama
Berpindah ke spesifikasi KLX 150 pada bagian rangkanya. Kali ini, Kawasaki juga masih mempertahankan bentuk rangka Kawasaki KLX 150 versi baru yang berbasis KLX generasi lama. Motor baru racikan Kawasaki ini memiliki ukuran tubuh 2080 x 770 x 1145 mm dengan bobot mencapai 115 kg kg. Ukuran tersebut memang merupakan dimensi standar sebuah sepeda motor tipe off-road. Selain itu, Kawasaki KLX 150 juga memiliki jarak antar sumbu roda sepanjang 1.340 mm. Dengan dimensi tersebut, motor ini akan sangat nyaman untuk melibas jalan-jalan off-road dari medan tanah sampai medan bebatuan. Spesifikasi Kawasaki KLX 150 di sektor dimensi tubuh juga masih menggunakan bentuk tangki tipis yang selama ini menjadi ciri khas motor trail. Meski bentuknya pipih, namun tangki tersebut mampu menampung bahan bakar hingga 7 liter.

Suspensi

Suspensi Makin Kokoh dengan Unitrack Swing-Arm Model Baru
Sebelumnya Mas Sena telah menginformasikan bahwa spesifikasi Kawasaki KLX 150 terbaru ini terdiri dari tiga varian berbeda. Nah ternyata yang membedakan masing-masing seri New KLX 150 ini adalah bagian kaki-kakinya. Untuk Kawasaki KLX 150 Standar, Kawasaki menyematkan suspensi teleskopik standar pada bagian depan, serta suspensi unitrack swing-arm pada bagian belakang. Pada bagian rodanya, New KLX 150 Standar menggunakan velg depan 19 inci dan juga velg belakang 16 inci. Sementara itu, tipe Kawasaki KLX 150 BF memiliki ukuran kaki-kaki lebih lebar karena memang ditujukan untuk medan yang lebih berat. New KLX 150 BF dibekali dengan kaki-kaki depan menggunakan velg 21 inci dan velg belakang 18 inci yand dibalut dengan ban berukuran lebih lebar dari New KLX 150 Standar. Sedangkan untuk Kawasaki KLX 150 SE atau Special Edition, Kawasaki menyematkan komponen Upside-Down yang akan membuatnya nampak lebih gahar serta memiliki handling lebih mantap. Untuk bagian pengereman, masing-masing spesifikasi Kawasaki KLX 150 dibekali dengan sistem pengereman yang sama, yaitu rem cakram 240 mm pada sektor depan serta cakram 190 mm pada bagian belakang.
spesifikasi klx 150

Mesin

Dapur Pacu Tetap Mengandalkan Mesin SOHC 2-Valves 150 cc
Sekarang kita beralih ke spesifikasi KLX 150 di bagian dapur pacu. Pada New KLX 150 ini, sebenarnya Kawasaki masih menggunakan basis mesin yang sama dengan KLX generasi lama. Kali ini, Kawasaki KLX 150 masih mengusung mesin SOHC 2 katup berkapasitas 150 cc. Kawasaki tetap menggunakan karburator Keihin CV24 serta sistem pengapian Digital DC-CDI dan juga pendingin udara pada mesin Kawasaki KLX 150 ini. Mesin pada New KLX 150 tersebut mampu memuntahkan daya maksimum sebesar 8,6 kW atau setara dengan 11.7 PS pada putaran mesin 8000 rpm. Komposisi mesin racikan Kawasaki yang tertanam pada Kawasaki KLX 150 itu juga mampu menghasilkan torsi maksimum sebesar 12 Nm pada 6.500 rpm. Satu lagi, meski spesifikasi Kawasaki KLX 150 di bagian dapur pacu masih menggunakan karburator, namun mesin racikan Kawasaki tersebut sudah memenuhi standar EURO 3.

Fitur

Fitur Motor Adventure yang Lengkap
Terakhir, kita akan membahas spesifikasi KLX 150 di bagian fitur-fiturnya. Sebenarnya, untuk produk barunya ini Kawasaki tak menyertakan terlalu banyak fitur-fitur canggih mengingat Kawasaki KLX 150 ini merupakan tipe motor off-road yang mementingkan performa mesin dan juga daya tahan rangka. Namun, Kawasaki tetap menambahkan beberapa komponen tambahan pada New KLX 150 guna menambah kenyamanan dan keamanan pengendaranya. Fitur tambahan yang paling bermanfaat tentu saja adalah indikator bahan bakar yang sebelumnya tidak ada pada KLX 150 generasi lama. Dengan adanya indikator BBM tersebut, Brosis yang ingin membawa Kawasaki KLX 150 ini bertualang pastinya akan sangat terbantu saat ingin mengetahui sisa BBM yand ada di dalam tangki. Selain itu, fitur baru yang dibawa oleh spesifikasi Kawasaki KLX 150 adalah penggunaan suspensi Upside-Down yang akan memberikan handling mantap saat menerjang jalanan berbatu. Namun, fitur USD tersebut hanya bisa ditemukan pada New KLX 150 SE.

Spesifikasi Kawasaki KLX 150

Rangka
Suspensi Depan Teleskopik fork
Suspensi Belakang Uni track swingam
Ban Depan 2.75-21 45p
Ban Belakang 4.10-18 59p
Panjang x Lebar x Tinggi 2080 x 770 x 1145
Jarak Poros Roda 1340 mm
Berat 115 kg
Mesin
Tipe 4-langkah SOHC
Maksimum Power 8,6 kW/8000 rpm
Torsi Maksimum 12 Nm/6500 rpm
Karburator Keihin CV24
Diameter x Langkah 58,0 x 54,4mm
Volume Silinder Satu silinder & 144cc
Sistem Pengapian DC-CDI
Sistem Pendinginan Pendinginan udara
Perbandingan Kompresi 9,5 : 1
Transmisi
Jumlah Transmisi 5-speed, return

Harga Kawasaki KLX 150

Nah itulah ulasan Mas Sena mengenai motor trail terbaru racikan Kawasaki ini. Sekarang kita akan membahas kisaran harga KLX 150 yang sudah dirilis secara resmi oleh PT Kawasaki Motor Indonesia pada minggu ini. Meski hanya membawa perubahan pada bagian desain, namun tetap saja wajah baru Kawasaki KLX 150 ini mampu mencuri perhatian siapa saja yang melihatnya. Dengan tampilan headlamp baru, New KLX 150 ini memang memiliki tampilan baru yang semakin gahar namun tetap stylish. Pada sektor mesin, New KLX 150 tetap mengusung mesin SOHC 2 katup 150 cc. Berebekal spesifikasi yang tak terlalu berbeda jauh dengan versi lamanya, kisaran harga Kawasaki KLX 150 kali ini pun juga tak berbeda jauh dengan KLX versi lama. Karena dibagi menjadi tiga varian, kisaran harga Kawasaki KLX 150 pun juga tergantung pada masing-masing tipenya.
harga klx 150
harga kawasaki klx 150
Dihadirkan lewat proses impor utuh atau CBU (Completely Build Up) dari Jepang, kisaran harga Kawasaki KLX 150 ini pun akan masuk dalam level ‘mahal’. Untuk tipe pertama atau New KLX 150 Standar, Kawasaki mebanderolnya dengan harga Rp 26.900.000. Harga KLX 150 versi standar tersebut tak jauh berbeda dengan KLX 150 tipe S versi lama. Kemudian, untuk varian Kawasaki KLX 150 yang kedua atau tipe BF, Kawasaki melabeli New KLX150 BF dengan harga sekitar Rp 30.200.000. Harga New KLX 150 BF ini jauh lebih mahal dari KLX 150 tipe L versi lama yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 27 juta. Untuk varian terakhir, Kawasaki membanderol New KLX 150 Special Edition dengan harga paling mahal. Harga Kawasaki KLX 150 SE tersebut adalah sekitar Rp 31.300.000. Harga masing-masing New KLX 150 tersebut merupakan harga OTR untuk kota Jakarta.
Harga KLX 150
Tipe Harga
Kawasaki KLX 150 Standar Rp 26.900.000
Kawasaki KLX 150 BF Rp 30.200.000
Kawasaki KLX 150 Special Edition Rp 31.300.000
Kisaran harga Kawasaki KLX 150 memang lebih mahal daripada harga KLX 150 generasi lama. Selain mengusung tampilan baru yang lebih gahar, kisaran harga KLX 150 di atas juga dipengaruhi oleh keputusan PT KMI yang masih mendatangkan KLX 150 dengan sistem CBU, yang pajaknya pasti juga lebih mahal. Namun, jika melihat kesuksesan Kawasaki KLX 150 generasi lama yang merajai segmen sepeda motor adventure di Tanah Air, rasanya New KLX 150 ini masih akan mengulangi kesuksesan kakaknya tersebut. Nah, buat Brosis yang berjiwa petualang, kisaran harga Kawasaki KLX 150 di atas tadi pasti tak akan menjadi masalah. Selama ini reputasi KLX 150 di segmen off-road Tanah Air memang sudah tak bisa diragukan lagi. Baca juga Viar Cross X200 dan Yamaha WR250R.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar