Spesifikasi dan Kelebihan Honda GL Pro Black Engine
GL Pro merupakan motor sport andalan Honda dan pernah menjadi motor sport Honda lokal dengan kapasitas mesin terbesar di era 1980-1990an sebelum digusur oleh Honda Tiger. Motor ini dikenal memiliki tampang khas “bapak-bapak” yang sangat awet sejak pertama kali dirilis pada tahun 1982 hingga akhirnya digantikan oleh generasi Honda Megapro.Secara garis besar, ada dua model GL Pro yang cukup populer di kalangan masyarakat. Pertama adalah model GL Pro White Engine yang diluncurkan pada tahun 1985. Diberi nama White Engine karena blok mesin motor ini berwarna putih (meski sebenarnya berwarna abu cerah karena tidak dicat). Secara keseluruhan, model ini tidak mengalami perubahan berarti selain penggunaan CDI-AC yang menggantikan platina untuk memudahkan perawatan.
Kemudian, pada tahun 1992, Honda kembali merilis varian terbaru GL Pro yang diberi julukan GL Pro Black Engine. Nama ini diberikan merujuk blok mesin motor yang kini diberikan cat hitam. Meski merupakan penerus GL Pro White Engine, namun GL Pro Black Engine memiliki beberapa kelebihan dibandingkan saudaranya tersebut, di antaranya:
- Mampu meletupkan daya yang lebih besar, yaitu 16 HP pada putaran 8.500 rpm (bandingkan dengan GL Pro White Engine yang hanya menghasilkan daya 15 HP pada putaran 8.500 rpm).
- Memiliki kompresi mesin yang lebih besar, yakni 9,3:1 (model White Engine 9,2:1).
- Tangguh di tanjakan dan edisi GL Pro paling bandel sehingga banyak diburu.
- Akselerasi yang lebih baik dan cukup untuk mengimbangi gebrakan motor-motor bermesin 2-stroke.
Dimensi | 2.034 x 754 x 1.062 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1.281 mm |
Tinggi Jok | 772 mm |
Jarak ke Tanah | 149 mm |
Tipe Rangka | Diamond steel |
Suspensi Depan | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Swing arm, double shock |
Ban Depan | 2,75-18 42P |
Ban Belakang | 3,00-18 47P |
Rem Depan | Cakram, single piston |
Rem Belakang | Tromol |
Berat | 103 kg |
Tipe Mesin | 4-stroke, silinder tunggal, OHC, pendingin udara |
Kapasitas Mesin | 144,7cc |
Diameter x Langkah | 61 x 49,5 mm |
Rasio Kompresi | 9,3:1 |
Daya Maksimum | 16 HP @ 8.500 rpm |
Transmisi | 5-speed |
Starter | Kick |
Pengapian | CDI-DC, baterai 12 Volt |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar