Selasa, 28 Februari 2017

Honda GL Pro

Spesifikasi dan Kelebihan Honda GL Pro Black Engine

GL Pro merupakan andalan dan pernah menjadi motor Honda lokal dengan terbesar di era 1980-1990an sebelum digusur oleh Honda Tiger. Motor ini dikenal memiliki tampang khas “bapak-bapak” yang sangat awet sejak pertama kali dirilis pada tahun 1982 hingga akhirnya digantikan oleh generasi Honda Megapro.
honda gl pro black engine - motortuo.blogspot.com
honda gl pro black engine – motortuo.blogspot.com
 
Secara garis besar, ada dua GL Pro yang cukup populer di kalangan masyarakat. Pertama adalah GL Pro White Engine yang diluncurkan pada tahun 1985. Diberi nama White Engine karena blok mesin motor ini berwarna putih (meski sebenarnya berwarna abu cerah karena tidak dicat). Secara keseluruhan, ini tidak mengalami perubahan berarti selain penggunaan CDI-AC yang menggantikan platina untuk memudahkan perawatan.
Kemudian, pada tahun 1992, Honda kembali merilis varian terbaru GL Pro yang diberi julukan GL Pro Black Engine. Nama ini diberikan merujuk blok mesin motor yang kini diberikan cat hitam. Meski merupakan penerus GL Pro White Engine, namun GL Pro Black Engine memiliki beberapa kelebihan dibandingkan saudaranya tersebut, di antaranya:
  • Mampu meletupkan daya yang lebih besar, yaitu 16 HP pada putaran 8.500 rpm (bandingkan dengan GL Pro White Engine yang hanya menghasilkan daya 15 HP pada putaran 8.500 rpm).
  • Memiliki kompresi mesin yang lebih besar, yakni 9,3:1 (model White Engine 9,2:1).
  • Tangguh di tanjakan dan edisi GL Pro paling bandel sehingga banyak diburu.
  • Akselerasi yang lebih baik dan cukup untuk mengimbangi gebrakan motor-motor bermesin 2-stroke.
Sayangnya, karena permintaan akan motor yang hemat bahan bakar semakin tinggi, maka Honda pun memutuskan menghentikan produksi GL Pro Black Engine pada tahun 1994. Posisi motor bandel ini pun kemudian digantikan oleh model GL Pro Neotech yang diluncurkan pertama kali pada tahun 1995. Berikut teknis Honda GL Pro Black Engine.
Dimensi 2.034 x 754 x 1.062 mm
Jarak Sumbu Roda 1.281 mm
Tinggi Jok 772 mm
Jarak ke Tanah 149 mm
Tipe Rangka Diamond steel
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Swing arm, double shock
Ban Depan 2,75-18 42P
Ban Belakang 3,00-18 47P
Rem Depan Cakram, single piston
Rem Belakang Tromol
Berat 103 kg
Tipe Mesin 4-stroke, silinder tunggal, OHC, pendingin udara
Kapasitas Mesin 144,7cc
Diameter x Langkah 61 x 49,5 mm
Rasio Kompresi 9,3:1
Daya Maksimum 16 HP @ 8.500 rpm
Transmisi 5-speed
Starter Kick
Pengapian CDI-DC, baterai 12 Volt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar