Rabu, 22 Februari 2017

Honda Vario 125 eSP

arga Honda Vario 125 eSP, Review & Spesifikasi Februari 2017

Harga Honda Vario 125 eSP dan Spesifikasi – Telah kita ketahui bersama bahwa PT Astra Honda Motor (AHM) pada awal tahun 2015 yang lalu telah sukses meluncurkan 2 produk motor skuter matik terbarunya yang merupakan regenerasi dari varian Honda Vario 125. Produk terbaru tersebut adalah Honda Vario 150 eSP dan Honda Vario 125 eSP yang merupakan senjata terbaru dari AHM untuk bersaing di pasar otomotif sepeda motor segmentasi skuter matik nasional. Jik pada kesempatan sebelumnya Mas Sena membahas motor skuter matik Honda Vario 150 eSP yang merupakan model satu-satunya yang bermain dalam segmen motor skuter matik yang diproduksi di dalam negeri. Maka pada kesempatan kali ini Mas Sena akan membahas sang adik dari versi 150 cc tersebut yaitu Honda Vario 125 eSP. Lalu apakah yang membuat pembeda Honda Vario 125 eSP dengan versi 150 cc di atasnya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.
honda vario 125 esp
Perbedaan Honda Vario 125 eSP dengan Honda Vario 150 eSP yang paling bisa dipastikan adalah kapasitas jantung dapur pacu dari kedua motor skuter matik produksi AHM tersebut. Dengan perbedaan kubikasi mesin pada skutik Honda tersebut maka tenaga yang dikeluarkan pun juga berbeda sehingga akan mempengaruhi laju maksimal kecepatan dan konsumsi bahan bakar. Di mana untuk top speednya Honda Vario 125 eSP ini kalah dengan sang kakak yang memiliki mesin 150cc. Namun untuk konsumsi bahan bakar lebih irit dan harganya pun jauh lebih murah dibandingkan dengan Honda Vario 150 eSP. Sedangkan untuk desain dan dimensinya hanya terdapat sedikit diferensiasi karena masih membawa satu platform desain. Nah biar lebih lengkapnya nih bro dan sis, sebaiknya simak ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi serta harga Honda Vario 125 eSP pada segmen-segmen dibawah ini ya!
motor honda vario 125 esp

Review Honda Vario 125 eSP

Desain

Tampil Lebih Segar dan Berkelas
Sebagai penerus kesuksesan Honda New Vario 125 PGM-FI generasi lawas yang melampaui penjualan tinggi sejak saat pertama kali diluncurkan, spesifikasi Honda Vario 125 eSP ini mengusung desain yang lebih segar dan berkelas dibandingkan generasi sebelumnya. Terlihat bahwa desainnya sama persis seperti Honda Vario 150 eSP yang memiliki lekukan tajam yang membuatnya berpenampilan agresif, lebih segar dan mewah. Honda Vario 125 eSP mengusung desain grafis simpel dan modern yang sekilas sama seperti generasi Vario 125 sebelumnya tetap membuat menarik dan nyaman untuk dipandang.
Dual Keen Eyes Semakin Membuat Mewah dan Terlihat Agresif
Selain memiliki desain dengan lekukan yang tajam dari semua sisi baik itu depan, samping sampai dengan belakang dari spesifikasi Honda Vario 125 eSP yang terlihat lebih segar dan berkelas tersebut. Honda Vario 125 eSP ini juga memiliki lampu Headlamp modern berjenis Dual Keen Eyes Headlight yang mengaplikasikan bohlam lampu jenis LED dan memiliki kedua lampu sein yang menyatu pada satu tempat berbentuk menyirip membuat tampilan depan Honda Vario 125 eSP ini terlihat sangat agresif, mewah dan berkelas. Bahkan dengan pengaplikasian bohlam berjenis LED tersebut semakin membuat berkendara pada kondisi gelap atau malam hari menjadi lebih nyaman dan aman karena sorotan lampu jenis ini lebih terang, lebih hemat, tahan lama dan dapat diandalkan. Sedangkan untuk bagian belakang dari spesifikasi Honda Vario 125 eSP ini juga mendukung tampilan lebih mewah karena mengaplikasikan desain lampu stop lamp dan sein yang menjadi satu yang baru dengan memiliki ukuran lebih besar. Juga dengan sepatbor menggantung pada bagian belakang skutik Honda terbaru ini membuat terlihat semakin futuristik dan sporty.
spesifikasi honda vario 125 esp

Speedometer

Panel Indikator Lengkap dan Futuristik
Selanjutnya untuk dashboard yang terdapat pada bagian kemudi yang ada pada spesifkasi Honda Vario 125 eSP ini tergolong cukup lengkap dan futuristik. Pada bagian speedo meter skuter matik ini terlihat memiliki beberapa panel penunjuk seperti indikator kecepatan, indikator bahan bakar, indikator trip meter, indikator mesin dan indikator lampu serta sein memberikan informasi mengenai kondisi Honda Vario 125 eSP ini dengan mudah dibaca saat digunakan. Pada sistem pengunciannya pun cukup aman karena mengaplikasikan sistem Ignition Key yang berbasis Magnetic Key sehingga keamanan unit skutik ini saat jauh dari pengawasan bisa diandalkan. Selain itu pijakan kaki pada dashboard bagian bawah dari spesifikasi Honda Vario 125 eSP ini berukuran cukup luas dan tidak licin sehingga pada saat berkendara terasa lebih aman dan nyaman.

Dimensi

Dimensi Sama Besar dengan Sang Kakak
Beralih ke dimensi dari yang ada pada spesifikasi Honda Vario 125 eSP yaitu berukuran 1.921 x 683 x 1.096 mm dengan berat kosong hanya 109 kg. Membuat skuter matik ciptaan Honda terbaru ini bisa diandalkan kestabilannya untuk melaju di jalanan perkotaan. Perlu diketahui ukuran dimensi ini sama persis juga seperti yang dimiliki oleh sang kakak yakni Honda Vario 150 eSP. Di mana dengan dimensi Honda Vario 125 eSP ini maka dimensinya lebih kecil dibandingkan dengan generasi lawas sebelumnya akan menambah lincah dalam berkendara di jalanan perkotaan yang padat. Bahkan Honda Vario 125 eSP ini cukup tangguh untuk melibas jalanan banjir karena memiliki ground clearance (ketinggian dari tanah) yang makin tinggi yakni 7 mm lebih tinggi dari generasi lawas sebelumnya. Sedangkan untuk kapasitas bahan bakarnya sama juga seperti kapasitas tangki versi 150 cc yaitu 5,5 liter yang dirasa cukup banyak untuk menempuh perjalanan jauh.

Suspensi

Kaki-Kaki Tangguh
Kaki-kaki yang disematkan pada spesifikasi Honda Vario 125 eSP ini terlihat lebih tangguh dan lebih kekar karena mengaplikasikan velg 14 inci dan ban jenis tubless yang berukuran cukup besar yakni berukuran 80/90 pada bagian depannya dan 90/90 pada bagian belakangnya membuat skutik ini terasa stabil dalam melaju di jalanan umum. Perlu di ketahui bahwa jenis ban tubless tanpa menggunakan ban dalam yang digunakan tersebut juga membuat ketahanan karet bundar dari skutik ini lebih kuat dan handal dalam menghadapi rintangan dijalan karena ban jenis ini tidak mudah bocor dan tahan lama. Dengan pengaplikasian ban jenis tersebut maka Honda Vario 125 eSP ini menjadi skutik pertama yang diproduksi oleh pabrikan dengan ban jenis tubless ini. Sedangkan untuk urusan bermanuver diserahkan kepada sistem suspensi teleskopik pada bagian depan dan shockbreaker tunggal dengan lengan ayun membuat handling skutik ini terasa lincah dan handal. Sedangkan untuk sistem pengereman Honda Vario 125 eSP mengandalkan disk brake pada sisi depan dan tromol pada bagian belakang dirasa sudah cukup baik untuk mengurangi atau menghentikan laju kendaraan.
spesifikasi motor honda vario 125 esp

Mesin

Dapur Pacu Lebih Kecil dengan Teknologi eSP
Saatnya Mas Sena berbicara mengenai dapur pacu dari spesifikasi Honda Vario 125 eSP yang merupakan pembeda utama dari versi 150 cc. Mengusung kubikasi mesin berkapasitas 124,8 cc dengan teknologi SOHC yang memiliki transmisi otomatis dan memiliki kompresi 11:1 menghasilkan tenaga maksimal mencapai 8,3 kW pada 8.500 RPM dengan torsi maksimal 10.8 Nm pada 5.500 RPM dirasa sudah cukup baik  dan handal untuk berakselerasi ataupun meraih top speed. Namun Honda Vario 125 eSP jika dibandingkan dengan sang kakak pastinya lebih jauh ketinggalan karena versi 150 memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar. Nampaknya dengan kubikasi yang lebih kecil tersebut juga menghasilkan keuntungan tersendiri yaitu konsumsi bahan bakar yang lebih hemat. Apalagi dengan teknologi andalan Honda saat ini yakni eSP juga semakin menghasilkan emisi gas buang yang rendah dan dapat memaksimalkan tenaga yang ada.  Tercatat untuk 1 liter BBM yang digunakan, Honda Vario 125 eSP dapat menempuh jarak hingga 58 km. Berbeda dengan sang kakak yang memiliki kubikasi 150cc hanya dapat menempuh jarak 52 km per liter bahan bakarnya.

Fitur

Fitur Lengkap Serba Canggih yang Handal
Setelah kita mengulas spesifikasi Honda Vario 125 eSP dari desain hingga mesinnya, maka selanjutnya Mas Sena mengulas fitur dari skutik Honda terbaru ini. Fitur yang dimiliki skutik ini juga sama persis seperti sang kakak (Honda Vario 150 eSP). Pertama adalah fitur Answer Back System yang canggih di mana pemilik dapat mengetahui letak posisi motor saat lupa menempatkan di suatu tempat. Fitur tersebut akan berkerja dengan menekan tombol pada kunci Honda Vario 125 eSP ini dan skutik ini akan memberikan respons suara dan lampu sein yang menyala. Kedua adalah fitur Ignition Key dengan pengaman kunci bermagnet (Magnetic Key) yang membuat sistem penguncian lebih aman dalam mencegah terjadinya pencurian. Dan untuk membuka jok Honda Vario 125 eSP ini pun hanya perlu menekan tombol seat agar dapat terbuka.
Selanjutnya adalah fitur teknologi eSP unggulan Honda yang akan meminimalisir terjadinya gesekan piston sehingga bahan bakar tidak akan terbuang percuma. Juga fitur ACD starter yang memudahkan untuk menghidupkan mesin Honda Vario 125 eSP ini dengan suara halus dan lebih nyaman didengar. Dan fitur unggulan lain pada Honda Vario 125 eSP yakni Idling Stop System (ISS) yang bisa menekan konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat karena fitur ini akan otomatis berkerja pada saat skutik ini berhenti dengan mematikan mesin setelah 3 detik setelah berhenti dan akan kembali hidup setelah pengendara menarik tuas gas skutik ini. Dengan fitur pada spesifikasi Honda Vario 125 eSP tersebut tentunya konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat dan mudah digunakan tanpa repot-repot mematikan mesin secara manual.
Selain itu juga ada fitur standar dari spesifikasi Honda Vario 125 eSP ini yakni fitur Side Stand Switch yang mana mesin otomatis tidak dapat dinyalakan apabila standar samping dalam posisi menyangga. Fitur Brake Lock System pada Honda Vario 125 eSP juga akan mencegah skutik ini loncat saat dinyalakan dan juga membuat kondisi motor tetap diam dalam kondisi berhenti di jalanan menanjak atau menurun. Dan terakhir adalah fitur pengereman handal yaitu Combi Brake System (CBS) yang memberikan kemudahan pengereman Honda Vario 125 eSP karena sistem ini akan menyeimbangkan pengereman pada kedua ban sehingga dapat lebih mudah berhenti atau meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan. Canggih bukan bro dan sis?

Spesifikasi Honda Vario 125 eSP

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi1.921 x 683 x 1.096 mm
Jarak Sumbu Roda1.280 mm
Jarak terendah ke tanah135 mm
Berat kosong109 Kg
Kapasitas tangki bahan bakar5,5 liter
Rangka
rangkaTulang punggung
Tipe suspensi depanTeleskopik
Tipe suspensi belakangLengan ayun dengan shockbreaker tunggal
Ukuran Ban Depan80/90 – 14 M/C 40P (tanpa ban dalam)
Ukuran Ban Belakang90/90 – 14 M/C 46P (tanpa ban dalam)
Rem DepanCakram hidrolik, dengan shockbreaker tunggal
Rem BelakangTromol – sistem pengereman CBS
Mesin
Kelas125
Volume Langkah124,8 cc
Diameter X Langkah52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi11,0 : 1
Daya Maksimum8,3 kW / 8.500 rpm
Torsi Maksimum10,8 N.m/5.500 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin0,8 liter pada penggantian periodik
Tipe KoplingOtomatis, sentrifugal, tipe kering
Tipe TransmsiOtomatis, V-Matic
Pola Pengoperan Gigi
Tipe StarterPedal & Elektrik
Kelistrikan
Tipe Battery12 V – 5 A.h (tipe MF)
BusiND U22EPR-9, NGK CPR9EA-9
PengapianFull Transisterize, Baterai

Harga Honda Vario 125 eSP

Nah itulah dia ulasan lengkap mengenai Vario 125 eSP ini dari semua sisinya. Gak terasa ya bro dan sis kita sudah memasuki segmen harga Honda Vario 125 eSP terbaru. Bagaimana menurut bro dan sis sekalian mengenai kemampuan dan ketangguhan skutik Honda Vario 125 eSP ini?  Menurut Mas Sena skutik ini jika dilihat pada semua sisi sangat keren dan sporty. Apalagi dengan desain bodi, lampu depan dan belakang yang menawarkan kemewahan membuat skutik ini juga terlihat agresif dan berkelas. Meskipun dapur pacunya hanya berukuran standar skutik saat ini tetapi mesin 125 cc ini juga bisa diandalkan karena tergolong irit dan juga ramah lingkungan. Bahkan berbagai fitur canggih yang disematkan pada Honda Vario 125 eSP ini semakin membuat lengkap, aman dan nyaman dalam menggunakan skutik ini. Lalu berapakah harga Honda Vario 125 eSP terbaru yang dibanderol di Indonesia?
harga honda vario 125 esp
harga honda vario 125 esp terbaru
Dengan ukuran kubikasi kapasitas mesin rata-rata skutik yang dipasarkan di Indonesia ini. Nampaknya harga Honda Vario 125 eSP terbaru memiliki harga yang bisa bersaing dengan skutik kompetitor lainnya. Berbeda dengan sang kakak yang mengusung kapasitas mesin 150 menghasilkan banderol harga yang lebih tinggi. harga Honda Vario 125 eSP ini dibanderol cukup murah yakni mulai dari Rp 17.500.000 (versi CBS) dan Rp 18.100.000 (versi CBS-ISS). Secara spesifikasi dapat kita lihat jika kedua versi tersebut hampir sebanding kecuali pada kubikasi mesinnya yang lebih cepat versi Honda Vario 150 eSP ini. Pada rentang harga antara dua versi ini terpaut sekitar dua jutaan saja yang harus anda tebus untuk dapat membawanya pulang. Bagaimana setelah mengetahui jeroan lini motor skutik tersebut secara lengkap dan harga Honda Vario 125 eSP apakah Bro dan Sis tertarik memboyong skutik andalan dari Honda ini ataukah ingin memiliki kakaknya?
Harga Honda Vario 125 eSP
TipeHarga
Honda Vario 125 eSP – CBSRp 17.500.000,-
Honda Vario 125 eSP – CBS ISSRp 18.100.000,-
Perlu anda ketahui jika harga Honda Vario 125 eSP terbaru tersebut adalah harga OTR (On The Road) wilayah Jakarta dan sekitarnya. Jadi bagi bro yang tinggal di daerah-daerah harus memaklumi jika terdapat sedikit pergeseran harga jika dibandingkan dengan harga yang berlaku di DKI Jakarta. Perbedaan harga Honda Vario 125 eSP tersebut Mas Sena rasa tidak akan terlampau jauh tergantung dari sulitnya tempat tinggal anda untuk dijangkau dalam distribusi. Dengan banderol harga tersebut menurut Mas Sena tergolong terjangkau dan sebanding dengan apa yang didapatkan karena Honda Vario 125 eSP ini menawarkan berbagai keunggulan dan kenyamanan berkendara. Tetapi Mas Sena menyerahkan keputusan kepada anda semua untuk menentukan produk yang mana yang terbaik untuk anda pilih. Jika anda menginginkan performa pacu dengan kubikasi mesin yang lebih tinggi anda dapat memilih Honda Vario 150 eSP dengan menanggung konsekuensi untuk menambah budget sekitar Rp 2,5 jutaan. Namun apabila Bro dan Sis sudah merasa cukup dengan Honda Vario 125 eSP serta menginginkan skuter matik yang lebih hemat dalam penggunaan bensin maka varian ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Itulah harga Honda Vario 125 eSP terbaru yang sekaligus menjadi penanda berakhirnya perjumpaan kita pada kesempatan kali ini. Sampai jumpa. Baca juga Honda Vario 150 eSP dan Yamaha Mio 125 Blue Core.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar