Kamis, 02 Maret 2017

Vespa LXV 150 3v

Harga Vespa LXV 150 3v, Review & Spesifikasi Maret 2017

Harga Vespa LXV 150 3v dan Spesifikasi – Siapa yang tak kenal dengan motor Vespa? Ya, motor Vespa merupakan kendaraan roda dua yang sudah dikenal dan sudah melegenda di seluruh dunia. Merk motor yang lahir sejak tahun 1946 ini merupakan sebuah brand internasional di bawah perusahaan induk Piaggio dan Co. SpA yang berkantor pusat di Pontedera, Italia. Terkait hal tersebut, untuk mempertahankan eksistensinya di dunia otomotif, Piaggio yang merupakan induk dari Vespa telah memroduksi varian motor besutannya dengan nama Vespa LXV 150 3v. Kehadiran Vespa LXV 150 3v ini tentunya semakin menambah daftar anggota keluarga Vespa yang sudah berdiri di era 40-an tahun yang lalu. Selain itu, dengan munculnya Vespa LXV 150 3v ini merupakan suatu jawaban atas beberapa kritikan yang menyebutkan bahwa gaya desain motor Vespa era modern sekarang ini tidak klasik lagi. Bahkan, motor skutik klasik yang hingga sekarang masih digemari para pecinta motor klasik ini bakal membuat persaingan di pangsa pasar otomotif kendaraan roda dua semakin ketat. Apalagi, Vespa LXV 150 3v ini akan dibekali dan dipersenjatai dengan beragam spesifikasi dan fitur pendukung yang mumpuni dan berteknologi tinggi. Sehingga, tak mengherankan jika Vespa LXV 150 3v ini akan hadir dengan banderol yang tidak sedikit.
vespa lxv 150 3v
Berkaitan dengan masalah spesifikasi, Vespa LXV 150 3v ini tetap mengusung konsep desain bergaya 1960-an di mana kala itu merupakan tahun-tahun puncaknya Vespa menjadi brand motor paling digemari. Meskipun demikian, konsep desainnya tetap menyesuaikan dengan teknologi yang serba modern dan instan. Lebih tepatnya, untuk konsep Vespa LXV 150 3v ini mengusung konsep vintage pada dashboard, lampu, jok dan rak belakang. Lalu, untuk mesinnya pun juga cukup mumpuni. Vespa LXV 150 3v ini mengusung mesin 4 stroke 3 Valves Single cylinder dengan kapasitas 154,8 cc di mana mesin tersebut mampu menghasilkan daya maksimum hingga 8,7 kW/7500 rpm dan torsi maksimum hingga 12 Nm/5000 rpm. Kemudian, Vespa LXV 150 3v ini juga dibekali dengan konsep teknologi The Start of The Art 3V Machine, generasi terakhir ECU dan free wheel electric starter system yang mampu memberikan akselerasi dan performa kecepatan yang begitu menakjubkan. Lantas, apa saja ya menariknya skuter dengan nama brand Vespa ini? Nah, berkaitan dengan hal tersebut, pada sesi kali ini Mas Sena akan memberikan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Vespa LXV 150 3v pada beberapa segmen berikut.
motor vespa lxv 150 3v

Review Vespa LXV 150 3v

Desain

Desain Gaya Retro Dilengkapi dengan Fitur Windshield
Pada pembahasan awal ini, Mas Sena akan membahas pada sektor terluar yang berupa tampilan fisik dari spesifikasi Vespa LXV 150 3v. Jika kita melihat secara menyeluruh, konsep desain yang dibawa Vespa LXV 150 3v ini memang terlihat tak jauh berbeda dengan Vespa di era tahun 60an. Namun, ada sedikit perbedaan di mana polesan konsep desain sedikit disesuaikan dengan pola desain modern. Hal ini tampak terlihat dari lekukan-lekukan pada bodinya. Mulai dari depan, desain lampu Vespa LXV 150 3v ini dirancang membentuk bulatan dengan stang kemudi yang dibiarkan tanpa penutup. Kemudian, untuk lampu sein pun juga terpasang rapi pada bodi depan samping akan kiri dengan konsep retro. Lalu, dihadirkan juga fitur windshield yang berukuran kecil terpasang cantik di atas lampu utama. Kehadiran windshield ini akan melindungi pengemudi Vespa LXV 150 3v ini dari sapuan angin. Untuk memperkuat aura klasik dan retronya, kaca spion pun juga dirancang dengan bentuk membulat. Lalu, pada bagian bodi samping juga tampak jelas lekukan yang memiliki kesamaan dengan desain pada Vespa tahun 60an. Lekukan tersebut tak terlalu tajam namun pancarkan aura klasik yang makin kentara. Menginjak pada bagian jok, Vespa LXV 150 3v ini mengusung jok yang dirancang secara terpisah antara jok pengendara dan penumpangnya. Model jok terpisah ini sama persis dengan Vespa produksi tahun 60an di mana saat ini sudah sangat jarang ditemui pada Vespa modern. Bahkan, material untuk membuat jok ini dibuat dari bahan logam yang sudah dilapisi chrome. Tak sampai di situ, pada bagian belakang Vespa LXV 150 3v inipun dilengkapi dengan rak berbahan plat chrome yang terpasang cantik sehingga semakin menambah kesan old school layaknya motor zaman dahulu. Selain itu, lampu belakang pun tampil dengan gaya timbul dilengkapi lampu sein belakang pada samping akan kiri semakin memperkuat aura klasiknya. Tampaknya, memang konsep desain yang diusung spesifikasi Vespa LXV 150 3v ini dibuat dengan rancangan retro klasik.
spesifikasi vespa lxv 150 3v

Speedometer

Panel Indikator Simple Namun Tampilkan Kesan Elegan
Lanjut pada pembahasan berikutnya, kali ini Mas Sena akan mengulas secara mendetail mengenai instrumen indikator dari spesifikasi Vespa LXV 150 3v. Pada sektor indikator dari Vespa LXV 150 3v ini dirancang dengan konsep desain yang tampak lebih modern walaupun maish mengusung konsep jarum analog. Panel instrumen indikator ini terpasang secara terpisah dengan lampu utama. Konsep desain Vespa LXV 150 3v yang elegan dan modern pun makin tampak jelas dengan balutan chrome yang membulat melingkupi panel instrumen ini. Untuk tampilannya juga cukup atraktif, di mana tampilannya dibagi menjadi 2 bagian, yaitu sektor atas dan bawah. Pada sektor atas Vespa LXV 150 3v ini, ditampilkan speedometer analog yang menampilkan data kecepatan, jarak tempuh, dan keadaan kendaraan yang secara jelas terbaca oleh pengendara. Lalu, pada bagian bawah panel Vespa LXV 150 3v  ini menampilkan data tingkat bahan bakar. Pada sektor ini, panel indikator ini menggunakan instrumen yang lebih modern. Jika dilihat secara keseluruhan, spesifikasi Vespa LXV 150 3v ini mengusung instrumen indikator yang sederhana namun bergaya modern.
spesifikasi motor vespa lxv 150 3v

Dimensi

Dimensi Kokoh Mengusung Konsep Vintage
Pada sesi kali ini, kita akan mengulas secara lebih rinci mengenai dimensi dari spesifikasi Vespa LXV 150 3v. Sudah kita ketahui sebelumnya bahwa Vespa LXV 150 3v ini mengusung konsep Vintage untuk tampilan desainnya di mana konsep Vintage ini menampilkan visualisasi yang terkesan klasik atau retro. Gaya klasik yang diusung Vespa LXV 150 3v ini pun makin kuat dengan ukuran dimensi yang tampak sedikit semok dengan ukuran panjang 1.770 mm, lebar 705 mm, dan memiliki ketinggian jok 785 mm. Menengok ukuran tersebut, tak mengherankan jika ukuran dimensi tersebut akan membentuk gaya Vespa LXV 150 3v ini lebih retro dan montok. Apalagi, dengan ketinggian jok yang dinilai tak terlalu tinggi dan cocok dengan tinggi orang dewasa Indonesia sehingga akan mudah untuk dikendarai. Selain itu, Vespa LXV 150 3v ini juga memiliki tangki yang mampu menampung bahan bakar hingga 7L +/- 0,5 L. Ukuran tangki yang cukup besar itulah yang membuat dimensi motor Vespa ini tampak lebih montok dan semok, terutama pada bagian samping belakangnya. Namun, untuk bobot dan ground clearance Vespa LXV 150 3v yang satu ini masih belum diketahui secara pasti mengingat belum ada pemberitahuan secara resmi terkait hal tersebut. Tetapi, hal yang jelas bahwa spesifikasi Vespa LXV 150 3v ini memang mengusung konsep dimensi yang tampak gagah nan kokoh.
review vespa lxv 150 3v

Suspensi

Suspensi Kokoh Lengkap dengan Pegas Helical dan Hidrolis
Pada sesi selanjutnya ini, Mas Sena akan mengajak kawan semua untuk membahas pada sektor suspensi beserta fitur-fitur lainnya dari spesifikasi Vespa LXV 150 3v. Melihat desain bodi dan dimensi yang tampak besar dan sedikit berbobot tampaknya memang Vespa LXV 150 3v ini membutuhkan fitur suspensi yang kuat dan kokoh. Oleh sebab itu, Vespa membekali motor besutannya dengan 2 jenis suspensi pada bagian depan dan belakang. Untuk bagian depan, Vespa LXV 150 3v ini mengusung teknologi Single Arm (lengan tunggal) dengan pegas helical dan peredam kejut tunggal aksi ganda. Sementara, untuk suspensi bagian belakang mengandalkan sistem Double-acting shock absorber dengan pegas hidrolis aksi ganda dan 4 pilihan pengaturan. Dengan disematkannya kedua suspensi tersebut, tampaknya Vespa LXV 150 3v ini akan mampu melaju dengan gesit dan nyaman, bahkan ketika berjalan di medan yang bergeronjal. Di sisi lain, suspensi yang kokoh tersebut juga didukung dengan fitur pengereman yang cukup mumpuni. Di mana untuk sektor pengereman depan mengusung teknologi rem cakram (disc brake) berdiameter 200 mm. Lalu, untuk teknologi rem belakang mengandalkan sistem pengereman tromol (drum brake) 110 mm. Dengan adanya fitur pengereman tersebut tampaknya memang Vespa LXV 150 3v ini bakal lebih aman dan nyaman dikendarai mengingat suspensi yang kokoh dan fitur pengereman yang saling mendukung dan seimbang sehingga membuat laju motor akan lebih stabil dan gesit meskipun melewati jalan yang berkelok. Di samping itu, Vespa LXV 150 3v ini juga sudah dilengkapi dengan ban tipe Tubeless yang memiliki jarak sumbu roda 1280 mm di mana pada ban depan memiliki ukuran 110/70-11 dan pada ban belakang memiliki ukuran 110/70-10. Jika menengok ukuran ban dalam spesifikasi Vespa LXV 150 3v tersebut sudah bisa dipastikan bahwa lajunya akan lebih lincah dan mudah dikemudikan terutama saat bermanuver.
harga motor vespa lxv 150 3v

Mesin

Disokong Mesin 4 Stroke Silinder Tunggal
Berikutnya, kita menginjak pada segmen pembahasan mengenai mesin yang diusung dalam spesifikasi Vespa LXV 150 3v. Langsung saja, untuk sektor mesin yang diusung Vespa LXV 150 3v ini dibekali dengan mesin 4-Stroke 3 Valves Single Cylinder berkapasitas 154,8 cc. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga dorong hingga mencapai 8,7 kW pada putaran 7500 rpm. Selain itu, Vespa LXV 150 3v  ini mampu mencapai torsi maksimum hingga 12 Nm pada putaran 5000 rpm. Kekuatan mesin tersebut akan disalurkan melalui sistem transmisi berteknologi CVT dengan sistem pengaturan torsi dan teknologi ECU free wheel electric starter.. Bahkan, mesin motor Vespa LXV 150 3v ini sudah memenuhi standar emisi Euro 3 sehingga akan lebih irit bahan bakar. Kemudian, untuk suplai bahan bakarnya mengandalkan teknologi Injeksi sehingga gas buangnya ramah lingkungan dan bahan bakar lebih efisien. Di sisi lain, Vespa LXV 150 3v ini juga dibekali sistem pendingin dengan sistem pendinginan udara. Meskipun masih mengandalkan sistem pendingin udara namun sudah dirasa cukup untuk mendinginkan panasnya mesin yang diusung spesifikasi Vespa LXV 150 3v ini.
review motor vespa lxv 150 3v

Fitur

Dilengkapi Fitur Immobilizer
Pada segmen terakhir dari pembahasan ini, pada segmen ini kita akan mengulas tentang fitur-fitur pelengkap dari spesifikasi Vespa LXV 150 3v. Pada setiap fitur motor tentunya harus memiliki fitur keamanan dan keselamatan. Untuk fitur keamanan, Vespa LXV 150 3v ini sudah dibekali dengan teknologi anti maling atau immobilizer. Fitur tersebut merupakan perangkat elektronik yang berbentuk chip yang diselipkan pada kunci kontak Vespa LXV 150 3v. Sehingga, dengan adanya fitur ini pengendara tak perlu khawatir jika motor dibawa pergi orang atau pencuri dengan kunci berbeda sebab mesin tak kan bisa dinyalakan sama sekali. Sementara itu, untuk fitur keselamatan, Vespa LXV 150 3v sudah dilengkapi dengan sistem pengereman yang cukup mumpuni, di mana pada rem depan menggunakan rem cakram dan pada bagian belakang mengandalkan sistem pengereman tromol sehingga keselamatan pengendara maupun penumpang bisa dicegah. Tampaknya, fitur pelengkap dari spesifikasi Vespa LXV 150 3v ini memang bisa dibilang modern untuk gaya klasik.

Spesifikasi Vespa LXV 150 3v

Dimensi
Panjang X Lebar 1.770 mm x 705 mm
Jarak Sumbu 1280 mm
Tinggi Jok 785 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 7 L +/- 0.5 L
Mesin
Tipe Mesin 4-Stroke 3 Valves Single cylinder
Volume Silinder 154.8 cc
Daya Maksimal 8.7 kW / 7500 rpm
Torsi Maksimal 12 Nm / 5000 rpm
Sistem Pendinginan Mesin Forced Air
Transmisi CVT with Torque Server
Sistem Pengapian Injection
Emisi Euro 3
Rangka
Tipe Suspensi Depan Single arm with helical spring and single double-acting hydraulic shock absorber
Tipe Suspensi Belakang Double-acting shock absorber, adjustable to four position at preloading
Rem Depan 200mm disc brake
Rem Belakang 110mm drum brake
Ukuran Ban Depan Tubeless 110/70-11
Ukuran Ban Belakang Tubeless 110/70-10

Harga Vespa LXV 150 3v

Setelah kita selesai membahas tentang spesifikasi dari Vespa LXV 150 3v, pada sesi kali ini kita akan mengulas bersama mengenai harga Vespa LXV 150 3v. Namun sebelumnya, Mas Sena akan memberikan sedikit kesimpulan mengenai spesifikasi yang sudah dibahas sebelumnya. Kita sudah ketahui bersama bahwa Vespa LXV 150 3v ini merupakan jenis Vespa yang mengusung konsep desain klasik namun tampil dengan aura yang modern. Secara umum, jika berbicara masalah Vespa, jangan ditanya lagi mengenai kualitasnya. Tentu, kualitas tersebut akan ikut terbawa dalam harga Vespa LXV 150 3v ini. Jika mau dinilai secara objektif, mesinnyapun tak kalah hebat dengan mesin yang diusung motor lain. Hal tersebut berkat Vespa LXV 150 3v ini disematkan mesin 4 Stroke 3 Valves Single Cylinder yang memiliki kapasitas mesin hingga 154,8 cc. Apalagi, dibekali dengan fitur keamanan immobilizer sehingga pengendara tak perlu khawatir jika motor dibawa pencuri sebab mesin tak akan bisa menyala tanpa kunci utama yang disisipi chip immobilizer. Dengan spesifikasi tersebut, lantas berapa harga Vespa LXV 150 3v ini ya?
harga vespa lxv 150 3v
harga vespa lxv 150 3v terbaru
Berdasarkan informasi yang didapat dari para intelijen Mas Sena, harga Vespa LXV 150 3v ini dibanderol dengan Rp 36.800.000. Walaupun terbilang harga yang mahal dan wajar dari Piaggio, namun harga tersebut merupakan harga untuk OTR Jakarta sehingga harga Vespa LXV 150 3v ini bisa meningkat lebih mahal sedikit jika dijual di daerah lain. Di samping itu, Vespa LXV 150 3v ini juga menawarkan 3 varian warna, yaitu Montebianco, Blue Midnight, dan Biege Tufo Di Lecce yang bisa dipilih oleh calon konsumen sesuai dengan selera. Jika berkaitan dengan harga, terkadang warna juga bisa memengaruhi harga Vespa LXV 150 3v ini di pasaran.
Harga Vespa LXV 150 3v
Sekitar Rp 36.800.000,- (OTR Jakarta)
Sekali lagi, jika melihat harga Vespa LXV 150 3v tersebut, dinilai cukup sesuai dengan melihat spesifikasi yang diusung Vespa LXV 150 3v. Sebab, memang motor Vespa ini merupakan motor skuter kelas menengah atas yang dibekali dengan desain, mesin dan beragam fitur menarik dan modern. Tentunya, seluruh kualitas dan nama baik Vespa yang masih menjulang di jalanan hingga saat ini sudah menjadi satu paket dengan harga Vespa LXV 150 3v  ini. Alhasil, dengan motor lain yang sejenis, seperti motor skutik lain yang beredar di Indonesia tampaknya Vespa LXV 150 3v ini juga bakal mendapat banyak penggemar mengingat sejarah mencatat bahwa Vespa merupakan salah satu motor yang menjadi legenda di zamannya. Demikian ulasan tentang spesifikasi dan harga Vespa LXV 150 3v yang Mas Sena sampaikan. Sekian dan sampai jumpa. Baca juga Vespa PrimaveraPiaggio Medley ABS, dan Harga Vespa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar